Baru Baru ini
Loading...
Thursday 14 January 2016

Mewaspadai Aliran Gafatar di Ketapang




Semakin maraknya aliran-aliran yang terus bermunculan dibeberapa daerah khususnya di Kabupaten Ketapang yang terus membuat keresahan masyarakat terutama yang beragama Islam. Salah satunya aliran yang sangat santer diberitakan saat ini adalah Gerakan  Fajar Nusantara (Gafatar).

Aliran Gafatar ini telah divonis sesat dan menyesatkan bagi umat Islam oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), sebab amalan ini dinilai tidak sesuai dengan ketentuan Islam, sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Ketapang adalah kabupaten yang sangat strategis untuk penyebaran aliran ini, dan ternyata menurut beberapa sumber untuk sementara telah ditemukan Gafatar ini di tiga kecamatan di Kabupaten Ketapang, yakni Kecamatan Muara Pawan, Kecaman Benua Kayong dan Delta Pawan. Bahkan beberapa pekan sebelumnya di Ketapang juga ditemukan aliran Ahmadiyah dan Syi’ah yang sudah sekian lama telah menyebarkan fahamnya di Bumi Kayong ini.

Untuk menindaklanjuti dan mengantisipasi masuknya aliran tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang Drs. Syarifendi memerintahkan kepada seluruh kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan se- Kabupaten Ketapang untuk melakukan pengawasan kepada kelompok pengajian, majelis taklim atau kegiatan lainnya yang bersifat keagamaan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Syarifendi juga meminta kepada kepala KUA agar selalu bekerjasama dan berkoordinasi kepada unsur pimpinan kecamatan serta kelurahan dan desa, kemudian memberikan laporan tentang perkembangan yang ada, yang berkaitan dengan aliran-aliran juga terus memberikan bimbingan kepada kepada lembaga-lembaga agama Islam seperti majelis taklim, pengajian disetiap kesempatan.


Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top