Baru Baru ini
Loading...
Thursday 19 December 2013

MTQ XXV Kabupaten Ketapang Dibuka Wakil Bupati

Arena Utama MTQ Pada Acara Pembukaan Rabu (18/12)

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-25 Tingkat Kabupaten Ketapang Tahun 2013 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang Boyman Harun, SH. pada Rabu malam di Mimbar Utama Lapangan Sepakat Taman Hiburan Rakyat (THR) Ketapang. Perhelatan dua tahunan ini diikuti lima belas kecamatan dengan jumlah peserta 138 orang.

Dalam laporannya Ketua Panitia Penyelenggaran Drs. H. Jailani Abdullah mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ ke-25 ini diharapkan mampu menggali minat dan bakat menuju generasi qur’ani yang cerdas dan berakhlakul karimah, kemudian mampu meningkatkan pemahaman dan pengamalan  qur’an disamping juga sebagai persiapan dalam rangka mengikuti ajang MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2014 di Bengkayang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang dalam sambutannya mengatakan bahwa hampir setiap tahun penyelenggaraan MTQ mulai dari tingkat kelurahan bahkan sampai nasional selalu diadakan. Penyelenggaraan MTQ diharapkan mampu menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al-qur’an yang berlangsung di masyarakat, baik melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang tersebar di Kabupaten Ketapang.

“Jangalah kita sekali-kali merasa bangga dan kuat karena melihat pengembangan syiar Al-Qur’an yang ditampilkan dalam setiap penyelenggarakan musabaqah, untuk itu mari kita cermati kenyataan sehari-hari, apakah dengan sistem nilai moral dan budaya yang berkembang dimasyarakat sudah mencerminkan jadi diri sebagai bangsa dan negara yang bependuduk muslim terbesar? Pertanyaan yang perlu kita jawab dan buktikan yakni dengan usaha dan langka nyata untuk selalu memperbaiki diri dengan memahami nilai kandungan Al-Qur’an”. Kata Syarifendi.

Sementara Wakil Bupati Ketapang dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini adalah bersumber dari dana APBD Kabupaten Ketapang, artinya kegiatan MTQ yang diselenggarakan adalah kegiatan Pemerintah Ketapang. Oleh karena itu penyelenggaraan MTQ semestinya dari tahun ke tahun selalu adanya peningkatan baik kuantitas maupun kualitas. Wakil Bupati mempertanyakan ketidak ikutsertaan kafilah dari lima kecamatan yang absen pada MTQ ke-25 ini, “mendengar laporan panitia tadi bahwa ada beberapa kecamatan tidak mengikuti MTQ ini, apakah karena ketiadaan kafilahnya atau camatnya yang tidak mengutus”. Kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap kiranya penyelenggaran MTQ ke-25 ini dijadikan momentum strategis sebagai media syiar islam untuk lebih memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kandungan Al-Qur’an di tengah derasnya arus globalisasi dewasa ini. Demikian pula dengan  MTQ ke-25 ini   menjadikan masyarakat kita  lebih baik, bertaqwa dan berakhlakul karimah. 

Kepada Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Ketapang Wakil Bupati meminta setelah selesai penyelenggaraan MTQ ini agar dapat mengadakan evaluasi kemudian menentukan langkah untuk mempersiapkan diri dengan mengadakan latihan terpusat menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.  (KUA.DP).

Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top