Baru Baru ini
Loading...
Monday 25 December 2017

Delta Pawan Juara Umum Bertahan MTQ XXVII Kabupaten Ketapang


Kafilah MTQ Kecamatan Delta Pawan
Kecamatan Delta Pawan kembali mengukuhkan dirinya sebagai juara umum. Setelah di perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVI Kabupaten Ketapang mereka menjadi juara umum, maka di perhelatan MTQ XXVII tahun ini, mereka mengukir prestasi serupa. Perhelatan akbar yang berlangsung sejak 16 Desember tersebut, resmi ditutup Bupati Ketapang Martin Rantan SH, Kamis (21/12) malam di mimbar utama Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.
Peringkat juara umum diraih Kecamatan Delta Pawan dengan mengumpulkan poin 47, disusul berturut-turut Kecamatan Matan Hilir Utara (45), Kecamatan Benua Kayong (37), Kecamatan Kendawangan (32), Kecamatan Manismata (24), Kecamatan Muara Pawan (22), Kecamatan Sungai Laur (10), Kecamatan Matan Hilir Selatan (9), Tumbang Titi (9),  Kecamatan Sungai Melayu Rayak (7), dan Kecamatan Air Upas, 4.

Dalam sambutannya Bupati Martin Rantan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan perhelatan akbar ini. Ia berharap agar Alquran berfungsi menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di Kabupaten Ketapang. "Musabaqah Tilawatil Qur'an mempunyai makna yang penting, tidak hanya meningkatkan  minat baca Alquran, tetapi diharapkan makin meningkatkan upaya menghayati dan mengamalkan kandungan isi Alquran," tegas Martin.

Ia mengharapkan MTQ tidak hanya dijadikan acara seremonial, tetapi menjadi tolak ukur dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Selain itu, diharapkan dia, juga dijadikan media dakwah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. "Selamat kepada juara umum, yang belum jadi juara umum ke depan mudah-mudahan bisa jadi juara juga," tuturnya.

Bupati mengungkapkan pada malam final bagaimana ia menyaksikan langsung bagaimana peserta dalam bertanding. Menurutnya, ketika peserta mampu mengutip ayat-ayat Alquran, tentu yang bersangkutan memiliki daya ingat yang cukup baik. Begitu juga bagaimana lafaz dengan tarikan napas yang cukup panjang, tentunya diakui Bupati, para peserta merupakan orang pilihan. “Dengan begitu untuk menang dalam MTQ bukanlah hal yang mudah,” kata Bupati.

Kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang. Hadiah yang diberikan dari donatur langsung diserahkan oleh donatur kepada pemenang. Kemudian, piala untuk juara umum diserahkan Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto S. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Ketapang Junaidi SP menyerahkan piala bergilir yang menjadi piala tetap karena tiga kali berturut-turut menpertahankan juara umum untuk Kecamatan Delta Pawan.

Bupati selanjutnya menyerahkan uang pembinaan untuk juara umum, peserta tertua dan termuda. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama kontingen juara umum.
Tidak hanya memonitor langsung pelaksanaan MTQ, tetapi Bupati dalam kesempatan tersebut juga mengimbau SKPD dan pelaku usaha untuk memberikan hadiah tambahan kepada peserta. Bupati juga memberikan sumbangan pribadi untuk uang pembinaan sebesar Rp20 juta, dibagikan  kepada juara umum, peserta tertua, dan peserta termuda. (PK). Sumber Pontianak Post.


Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top