Baru Baru ini
Loading...
Thursday 14 August 2014

Pemilihan KUA dan Keluarga Teladan Nasional



Kantor Urusan Agama Kecamatan memiliki posisi dan kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kantor Kementerian Agama secara keseluruhan, meskipun secara organisasi KUA merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada tingkat kecamatan, akan tetapi cakupan tugas fungsinya sangat besar.

Sebagai salah satu unit pelayanan publik, KUA dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan optimal. Pelayanan pada KUA meliputi pelayanan pernikahan, perwakafan, kemasjidan, bimbingan calon pengantin, pembinaan pengamalan agama, majelis taklim, pengukuran arah kiblat, sosialisasi produk halal, bimbingan manasik haji serta konsultasi keagamaan.

Oleh karena itu pada tahun 2014 ini Kementerian Agama kembali mengadakan pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional. Pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan sebelumnya telah diseleksi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan tingkat nasional.

Pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014 dilaksanakan di di Hotel Grand Cempaka Jakarta dibuka secara resmi Rabu malam (13/8) oleh Wakil Menteri Agama Prof. Dr. H. Nazaruddin Umar, MA.. Rangkaian kegiatan pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah akan berlangsung dari tanggal 13 s.d 19 Agustus 2014.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam  Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. dalam laporannya pada acara pembukaan Pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional tahun 2014 mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memotivasi kinerja kepala KUA dan Penghulu agar bekerja secara proporsional dan profesional dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Sementara pemilihan keluarga sakinah teladan dimaksud bertujuan untuk memotivasi keluarga muslim Indonesia agar berperan aktif dalam pembangunan keluarga, masyarakat, bangsa dan agama”. Kata Abdul Djamil.

Dewan juri Pemilihan KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014 sebanyak 8 orang dan sebagai ketua adalah Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. yang saat ini menduduki jabatan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Sementara dewan juri pemilihan Keluarga Sakinah sebagai ketua adalah Prof. Dr. H. Ahmad Mubarok, MA.

Penilaian KUA Kecamatan Teladan Tahun 2014 meliputi dua tahapan, pertama kunjungan lapangan dimaksud melihat secara langsung penyelenggaraan kegiatan KUA dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk dokumentasin dan visualisasi, dan yang kedua penelaahan dokumen yaitu meneliti hasil-hasil pelaksanan kegiatan dan profil.

Sementara penilaian Keluarga Sakinah  aspek penilaian berupa pemahaman dan pengamalan ajaran agama, penghayatan dan pengamalan kehidupan berbangsa, dan kehidupan perkawinan dan rumah tangga.

Kalimantan Barat dalam pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014 di wakili oleh H. M. Syafi’ie, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang. Dan Keluarga Sakinah diwakili pasangan suami istri Drs. H. Mahfut Suhendro dan istri asal dari Kota Pontianak. (SH).


Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top