Baru Baru ini
Loading...
Monday 28 July 2014

Awal Syawal, BHR Ketapang Rukyatul Hilal




Rukyatul hilal kembali diadakan oleh Badan Hisab Rukyat Kabupaten Ketapang pada hari Minggu (27/7). Kegiatan rutin yang diadakan setahun tiga kali ini yakni untuk penentuan awal Syawal 1435 H. Rukyatul hilal kali ini dihadiri tim rukyat, penyelenggara syariah Kantor Kemenag Ketapang, Pengadilan Agama Ketapang, Ketua MUI Ketapang, unsur NU dan Muhammadiyah.

Posisi pelaksanaan rukyatul hilal dipusatkan di pantai Tanjung Belandang, Kecamatan Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan. Jarak tempuh dari Ketapang ke utara kurang lebih 16 km atau dalam waktu setengah jam. Rombongan berangkat bersama dari Kantor Kemenag Ketapang pada pukul 16.00 wib.

“Kondisi cuaca pada saat rukyat disekitar matahari memang diselimuti kabut sehingga sulit untuk terpantau keberadaan hilal, sekalipun ketinggi hilal untuk Ketapang 2 derajat 51 menit 23.69 detik.” Kata H. M. Syafi’ie, S.Ag. selaku pelaksana teknis rukyatul hilal di Ketapang.


Ditambahkan Kepala KUA Kecamatan Delta Pawan ini, bahwa kondisi keberadaan cuaca pada setiap rukyatul hilal di Ketapang pada setiap tahunnya selalu mengalami kendala, karena memang pada saat matahari akan terbenam kondisi cuaca selalu kabut dan berawan. Belum lagi penggunaan alat masih sangat sederhana. Usai rukyat, tim yang hadir melakukan buka puasa bersama di lokasi pantai Tanjung Belandang. (KUA.DP).



 
Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top