Baru Baru ini
Loading...
Wednesday 27 November 2013

Tk. Indra : Tanah Wakaf Segera Daftarkan Ke KUA


Kiri : Drs. As'ad Afifi Kasi Bimas Islam dan Tk. Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si
Kasubag TU Kantor Kemenag Ketapang


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang yang diwakili Kasubag TU Tk. Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si. dalam arahannya pada acara pembukaan Sosialisasi Undang-Undang dan Peraturan Perwakafan hari Rabu (27/11) di Hotel Aston Ketapang mengharapkan kiranya antara Kantor Urusan Agama Kecamatan dan para nadzir harus bersinergi mau merubah mindset yakni pola fikir masyarakat kita agar mampu memberdayakan dan mengelola keberadaan wakaf untuk bisa produktif.


Berbicara dihadapan 40 peserta yang terdiri dari Kepala KUA se Kabupaten Ketapang dan para nadzir, Tk. Indra berpesan, kiranya tanah-tanah wakaf yang belum dibuatkan Akta Ikrar Wakaf untuk segera diurus dan didaftarkan ke KUA wilayah masing-masing untuk selanjutnya diajukan ke kantor BPN guna penerbitan sertifikat tanah wakaf. “tidak sedikit kasus-kasus terjadi dimasyarakat kita dikarenakan tidak didukung dengan bukti-bukti yang menguatkan keberadaan tanah wakaf sehingga tanah itu diambil kembali oleh ahli warisnya”. Ujar Indra.

Sementara Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang Drs. As’ad Afifi melaporkan bahwa sedianya kegiatan sosialisasi ini diadakan pada bulan Oktober namun baru bisa dilaksanakan pada kali ini. Diadakan kegiatan Sosialisasi Undang-Undang dan Peraturan Perwakafan  bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan khususnya kepada para nadzir mengenai aturan-aturan tentang perwakafan sebagaimana yang diatur oleh UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

Ditambahkan As’ad bahwa saat ini pensertifikatan tanah wakaf di Ketapang dihadapkan berbagai kendala terutama berkaitan dengan kultur budaya masyarakat kita yang seringkali dalam proses penyerahan tanah wakaf tidak dilengkapi dengan surat menyurat secara administrasi, dan di Ketapang baru sekitar 10% saja tanah wakaf yang sudah bersertifikat.

Kegiatan sosialisasi berlangsung satu hari dengan narasumber dihadirkan pembicara dari intern Kemenag Ketapang, Kantor BPN Ketapang dan MUI Ketapang. Diakhir acara sosialisasi dilanjutkan dengan acara pembentukan Forum Nadzir Kabupaten Ketapang, terpilih sebagai ketua yakni M. Thahir Usman.    (KUA.DP). 

Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top