Baru Baru ini
Loading...
Wednesday 17 June 2015

Kemenag Ketapang Rukyatul Hilal




Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang sore Selasa (16/6) telah mengadakan pemantauan hilal di Pantai Tanjung Belandang Ketapang.  Rukyatul hilal dihadiri Kepala Kantor Kemenag Ketapang, Wakli Ketua PA Ketapang, Ketua MUI, NU, Muhammadiyah dan anggota BHR Ketapang.

Ketua BHR Ketapang yang sekaligus Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang  Warsito mengatakan ketinggian hilal berdasarkan hisab dengan mengambil posisi Pantai Tanjung Belandang Ketapang adalah minus 2 derajat 59 menit 5.63 detik.

“Keberadaan hilal berada di bawah ufuk dan hilal lebih dulu tenggelam kurang lebih 10 menit dibanding matahari. Dengan melihat posisi hilal minus tersebut maka sudah barang tentu hilal tidak akan bisa dilihat” Ujar Warsito.

 

Sementara Kepala Kantor Kemenag Ketapang Drs. H. Syarifendi berharap kiranya penetapan awal Ramadhan tahun ini tidak ada perbedaan terutama kedua ormas Islam antara Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

“Sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015, dan kemungkinan besar jika melihat ketinggian hilal masih dibawah ufuk, saya kira Pemerintah dan NU akan menetapkan yang sama awal Ramadhan 1436 H.” Kata Syarifendi.

Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top