Baru Baru ini
Loading...
Thursday 21 November 2013

KUA Delta Pawan Adakan Study Banding


Kehadiran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) sangat membantu kinerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, karena memang aplikasi SIMKAH ini berfungsi antara lain membangun infrastruktur database dengan memanfaatkan teknologi, disamping pula penyajian data yang cepat dan akurat juga mempermudah pelayanan, pengendalian dan pengawasan, serta memberikan pelayanan bagi publik untuk mendapatkan informasi yang lengkap, cepat dan akurat, demikian disampaikan H. M. Syafi’ie, S.Ag. Kepala KUA Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang pada acara Study Banding di KUA Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu (20/11).

Kehadiran M. Syafi’ie diterima langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Rasau Jaya M. Ichsanudin, SH.I di ruang kerjanya. Menurut M. Syafi’ie, sejalan dengan Instruksi Dirjen Bimas Islam Nomor : DJ.II/369 Tahun 2013 tentang Penerapan Sistem Manajemen Informasi Nikah (SIMKAH) Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, maka Study Banding ini dirasa sangat penting guna mengoptimalkan pengelolaan aplikasi SIMKAH pada KUA Kecamatan Delta Pawan.

Dipilihnya KUA Kecamatan Rasau Jaya sebagai tempat kegaiatan Study Banding dikarenakan KUA Kecamatan Rasau Jaya sudah dua tahun berjalan sejak Januari 2012 menerapkan aplikasi SIMKAH ini. “Dengan berbagai pengalaman dan ilmunya tentu dirasa sangat tepat bagi kami untuk memperoleh berbagi informasi dan pengalaman tentang SIMKAH, dan tidak itu saja, KUA Kecamatan Rasau Jaya juga pernah menjadi KUA Teladan Tk. Provinsi Kalbar pada tahun 2012”. Tutur Syafi’ie.

Kegiatan Study Banding ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang SIMKAH yang nantinya dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh diharapkan akan mampu menjadi informasi dan cerminan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan SIMKAH di KUA Kecamatan Delta Pawan. “Pelakasanaan aplikasi di KUA Kecamatan Delta Pawan baru satu bulan berjalan, oleh karena itu banyak hal yang perlu diketahui termasuk masalah teknis dalam pengeloaan SIMKAH”. Jelas Syafi’ie.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Rasau Jaya M. Ichsanudin, SH.I menyambut baik kerhadiran Kepala KUA Kecamatan Delta Pawan Kab. Ketapang H.M. Syafi’ie, S.Ag yang juga pernah meraih KUA Teladan tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2004. “Kehadiran beliau yang dibarengi semangat silaturrahmi dan semangat mewujudkan KUA Modern menjadikan kegiatan study banding ini semakin bermakna. Hasil dari silaturrahmi ini adalah kemajuan dan perbaikan manajemen di KUA itu sendiri”. Tutur Ichsanudin. (KUA.DP)

Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top