Baru Baru ini
Loading...
Saturday 20 May 2017

DELTA PAWAN ADAKAN BIMBINGAN MANASI HAJI


Pelaksaan Bimbingan Mansik Haji Rayon I tingkat kecamatan musim haji 1438 H./2017, tahun ini kembali diadakan. Bimbingan manasik haji dilaksanakan sebanyak delapan kali kegiatan yang berlangsung dari hari Sabtu (20/5) ini di tempatkan Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabuapten Ketapang.

Ketua Panitia Penyelenggara Kepala KUA Kecamatan Delta Pawan H. M. Syafi’ie melaporkan, kegiatan bimbingan manasik haji diikuti sebanyak 125 calon jema’ah haji yang tergabung dari lima kecamatan, masing-masing Delta Pawan sebanyal 109 orang, Muara Pawan sebanyak 7 orang, Matan Hilir Utara 1 orang, Sungai Laur 6 orang dan Air Upas sebanyak 2 orang.

Dijelaskan Syafi’ie, tujuan kegiatan bimbingan manasik tingkat kecamatan rayon satu pada musim haji 1438 H. tahun 2017 ini adalah guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada calon jema’ah haji tentang tata cara mansik haji dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji.

“Kemudian menjelaskan secara teknis kepada calon jema’ah haji yang akan berangkat tahun ini mengenai pelaksanaan dan ketentuan ibadah haji musim haji 1438 H. atau 2017 M. Selain itu Juga guna mewujudkan pelaksanaan ibadah haji secara mandiri untuk memperoleh haji mabrur.” Jelas Syafi’ie.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan bimbingan manasik haji, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang H. Ekhsan, S.Ag., M.Si. mengatakan, pada tahun ini pengurangan kouta dua puluh persen kembali normal. Yang sebelumnya 187 menjadi 232, mendapat tambahan lagi 17, sehingga jumlah keseluruhan 349 jama’ah. Kabupaten Ketapang masuk dalam empat besar jumlah jama’ahnya setelah Kota Pontianak, Sambas dan Kubu Raya.

Menurutnya, perlunya meluruskan niat ibadah haji. Kalau sampai hanya ingin mendapatkan gelar dan pujian itu salah. Begitu juga kalau ingin hanya ingin melihat ka’bah cukup melihat ditelivisi saja sudah cukup. Ketika sudah berhaji niatkan lagi untuk berhaji lagi. Jangan mempungkiri tentang kebesaran Allah berkaitan dengan umur itu rahasia Allah begitupula dengan umur, kita tidak bisa distandarkan antara umur 60 dan 80.

“Menjelang keberangkatan nantinya agar bisa mempersiapkan diri terutama masalah kesehatan dan ilmu-ilmu berhaji. Do’akan keluarga dan anak cucuk kita agar bisa berangkat haji nantinya. Dan do’akan pula Kabupaten Ketapang, agar menjadi daerah yang makmur, sejahtera, aman dan masyarakatnya menjadi masyarakat yang beriman.” Pungkas Ekhsan.

Copyright © 2012 KUA Delta Pawan All Right Reserved
Designed by Themes
Back To Top